ROR Bupati Minahasa Hadiri Penerapan E-Planning RPJMD dan RKPD di Jakarta

Jakarta  – Bupati Minahasa IR. ROYKE O. RORING, M.SI menghadiri  Rapat Koordinasi Penerapan E-Planning Dalam Penyusunan Dokumen RPJMD dan RKPD bagi 171 Dearah Pilkada Serentak Tahun 2018, Bertempat di Ball Room Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (8/10/2018).

Rakor  di hadiri oleh Gubernur/Bupati/Walikota 171 Daerah Pilkada Serentak atau yang mewakili dan kepela Bappeda Provinsi, kabupaten dan kota. Laporan Ketua panitia Pelaksana disampaikan Plt. Dirjen Bangda Kemendagri Diah Indrajati,” SIPD diwajibkan menjadi data pembangunan Daerah, memperkuat pilar pilar instrumen Pembangunan daerah berdasarkan Permendagri no 98 tahun 2018 yang merupakan penyempurnaan dari Permendagri no 8 tahun 2018,” ujar Plt. Dirjen Bangda Diah Anggraini.

“Ada 10 Provinsi dari 33 Provinsi dan 185 kabupaten/kota yang sudah memiliki Aplikasi E – Planning, E-Planning Sinkronisasi Perencanaan yang terintegrasi, Holistik dalam SIPD, ada 32 urusan yang berbagi peran antara pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Rakor E- Planning dalam Penyusunan Dokumen RPJMD dan RKPD 171 Daerah Pilkada Serentak tahun 2018 dalam penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah di dukung oleh Ford Foundation, Austalian Goverment dan KOMPAK ( Kolaborasi masyarakat dan Pelayanan Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Austalia/Indonesia .

Acara Rakor Penerapan E- Planning Penyusunan Dokumen RPJMD dan RKPD di buka oleh Seketaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo.

” Diamanahkan Kepada Daerah Bahwa Pembangunan Daerah merupakan bagian dari Pemerintah Provinsi dan Pusat, Bagi daerah yang sudah E- Planning dapat di integrasikan dengan Kemendagri dan Daerah yang belum dapat memanfaatkan E – Planning, menyusun dokumen KLHS dan Aspek pelaksanaan untuk mewujudkan Tata Kelola yang lebih baik,” ujar Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

“Kegiatan Rakor berlangsung sampai dengan jam 17.00 wib dengan narasumber dari Bina Bangda Kemendagri, Bappenas dan Korsupgah KPK,” ujar Kaban Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega.

( RR-RD  Call Center )