Logo
images

Ajukan LKPJ, Bupati-Wabup Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Minahasa meski APBD 2020 Sangat Berat

Tondano, 28 April 2020.
Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si bersama Wakil Bupati, Robby Dondokambey, S.Si menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah akhir tahun anggaran 2019 dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa lewat video conference yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Glady E.P Kandouw, SE dari ruang paripurna DPRD Minahasa.

Saat menyampaikan LKPJ, bupati dalam sambutannya menyatakan disadari bahwa tantangan ke depan makin berat dan kompleks terutama berkaitan dengan upaya untuk melawan kemiskinan dan keterbelakangan. "Karena itu arah pembangunan ke depan akan lebih terfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama setelah pandemi Covid-19 berakhir," tegas Bupati Roring.

Lanjut bupati, karena itu kita perlu mendesain strategi pengembangan ekonomi daerah yang lebih tepat dengan pertumbuhan ekonomi harus tetap disertai dengan pemerataan yang lebih nyata. "Tapi harus disadari pembangunan itu adalah suatu proses yang memerlukan tahapan dan waktu bukan lamgsung tersedia tetapi butuh upaya dan kerja keras secara terencana, konsisten dan berkelanjutan," terangnya sembari menambahkan pembangunan ada yang sifatnya langsung kelihatan tapi ada juga yang bersifat investasi agar masyarakat tidak terjebak pada penilaian prematur dan tidak memiliki parameter jelas.

Meski di sisi lain Bupati Royke Roring mengakui APBD Minahasa Tahun 2020 ini sangat berat pelaksanaannya karena tidak ada sentuhan pembangunan fisik bagi masyarakat dengan adanya kebijakan pemerintah pusat untuk mengurangi Dana Alokasi Umum (DAU) serta Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik kecuali untuk bidang kesehatan dan pendidikan, pengurangan APBD 2020 ini mencapai Rp. 186 miliar. Hal tersebut kata mantan Kepala Bappeda Sulut ini, tentu akan berakibat pada menurunnya ekonomi masyarakat bahkan akan bertambahnya angka kemiskinan.

Karenanya beliau mengajak semua untuk terpanggil berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi ini bisa cepat berlalu. Bupati bersama Wabup juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak mulai dari Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD, jajaran pemerintah kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai politik, pers dan semua pihak yang bahu-membahu mengupayakan penanganan Covid-19 serta mengalirkan berbagai bentuk dukungan.

Terkait LKPJ yang disampaikan, dijelaskan bupati bahwa LKPJ mencakup penjabaran APBD, kebijakan umum pengelolaan keuangan daetah, penyelenggaraan urusan pemerintahan, tugas pembantuan, kegiatan serta realisasi anggaran yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karenanya, diinstruksikan kepada semua kepala OPD untuk aktif dalam pembahasan LKPJ bersama DPRD.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar