Logo
images

Bupati Minahasa Paparkan Penanganan Covid-19 di Special Live Sash Sulut

 

Tondano, 17 Juli 2020.
Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si secara khusus dihadirkan komunitas Selempang Sulawesi Utara (SASH Sulut) dalam sebuah special live di Instagram, Jumat (17/10). Program wawancara eksklusif yang dipandu Wulan Minahasa 2019, Vanessa Priska Timbuleng khusus ingin mencari tahu sejauh mana penanganan Covid-19 yang sudah, sementara dan akan dilakukan Pemkab Minahasa di bawah kepemimpinan Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati, Robby Dondokambey, S.Si.

Dalam special live tersebut, bupati menjelaskan upaya pencegahan penyebaran virus tersebut tetapi juga penanganan warga yang terkonfirmasi maupun keluarga serta warga yang secara umum terdampak wabah ini. Dijelaskan Bupati ROR, Pemkab Minahasa telah mengeluarkan surat edaran, surat keputusan dan peraturan bupati.

Selain itu sempat melakukan pembatasan orang keluar-masuk Kabupaten Minahasa dengan mendirikan sembilan posko di perbatasa kabupaten/kota meski di awal Juli ini posko-posko tersebut sudah ditarik. Demikian juga pembatasan aktifitas warga di pasar, toko maupun rumah makan/restoran yang saat ini mulai dilonggarkan tetapi tetapi diawasi dan dipantau oleh tim terpadu Satpol PP, Polres Minahasa, Tomohon dan Polresta Manado serta Kodim 1302 Minahasa dan Kodim 1309 Manado.

Bahkan saat ini pelaksanaan rapid test diperluas dan Pemkab sudah memesan dua unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat mengetahui hasil tes sampel. "Ini semua dilakukan agar tingkat penyebaran Covid-19 dapat terus ditekan," jelasnya.

Bupati Roring juga ditanyai soal persiapan pengucapan syukur di Minahasa dan aturan-aturan yang akan diterapkan pada iven tahunan warga Minahasa itu. Di mana menurut bupati gelaran pengucapan syukur Minahasa tidak dilakukan secara serentak tetapi pada akhir Bulan Juli dan sepanjang Bulan Agustus.

"Ucapan syukur tidak dalam bentuk pesta pora dengan mengundang tamu, tidak menyediakan makan untuk menjamu tamu apalagi minuman keras. Bulan pengucapan syukur diadakan di rumah ibadah dan rumah masing-masing warga, makanan disiapkan hanya untuk keluarga yang ada di rumah itu saja," tambahnya.

Selanjutnya, bupati mengapresiasi SASH Sulut yang boleh turut mempublikasikan berbagai program dan kebijakan Pemkab Minahasa ini lewat media sosial yang sangat identik dengan generasi muda yakni Instagram. Beliau berharap ada banyak lagi hal positif yang dapat dilakukan ke depan oleh komunitas tersebut.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar