Bupati Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Membayar Pajak

Bupati Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Membayar Pajak

Tondano, 25 April 2019. Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi membuka Sosialisasi Pajak Daerah dalam rangka Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak dan Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pajak Daerah yang dilaksanakan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Sosialisasi yang digelar di aula Benteng Moraya tersebut diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, camat, lurah dan perangkat se Tondano Raya.

Dalam sambutanya Bupati Minahasa mengimbau agar ada peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak karena pada akhirnya pajak ini akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan baik infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Lanjut bupati, saat sosialisasi pencegahan korupsi oleh KPK, Pemkab Minahasa sempat bertanya bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Minahasa.

Menurut bupati, salah satu tips yang diberikan oleh tim KPK yaitu, peningkatan pendapatan asli daerah, baik itu insentifikasi dan ekstensifikasi dengan memaksimalkan apa yang sudah ada, memperluas subjek dan objek pajak sesuai dengan peraturan yang ada. Sementara insentifikasi maksudnya meningkatkan kesadaran kita membayar pajak dan retribusi daerah.

Dikatakannya lagi, sudah banyak peraturan daerah yang diterbitkan bersama dewan, tetapi masih banyak yang belum bisa dimaksimalkan. "Kita akan melihat mana yang masih perlu dipertahankan Perdanya mana yang perlu ditinjau, contoh kecil menyangkut NJOP ada wilayah-wilayah tertentu yang seharusnya sudah naik tapi ternyata masih rendah. Bagi masyarakat, kadang ini menjadi dua sisi kepentingan. Di satu sisi berharap NJOP naik supaya ketika menjual, harga tinggi tapi di sisi lain masih ingin NJOP rendah agar bayar pajaknya juga kecil," terang mantan Asisten III Pemprov Sulut ini.

Kedepan pemerintah akan bekerja sama dengan pihak pertanahan untuk memperluas pemetaan supaya objek dan subjek pajak bisa ditingkatkan kemudian kita akan memasang chip untuk alat-alat hitung di rumah makan dan hotel supaya pendapatan lewat pajak bisa terkontrol. Bupati juga berharap sosialisasi ini boleh manjadi perhatian semua pihak dalam rangka membangun Kabupaten Minahasa. 

R3D Media Center

Dipost Oleh Redaksi 1

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar