Irup Upacara Harla Pancasila Bupati : Eksistensi NKRI dapat Bertahan karena Pancasila

Irup Upacara Harla Pancasila Bupati : Eksistensi NKRI dapat Bertahan karena Pancasila

Tondano, 1 Juni. Bertempat di lapangan Kantor Bupati Minahasa, Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi menjadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2019.

Saat membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono, Bupati Royke Roring mengatakan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila. Dimana, Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian katanya lagi, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. "Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila," jelas Bupati

Selanjutnya bupati menjelaskan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

"Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," tandasnya.

Diakhir sambutannya mantan Asisten III Sekda Provinsi Sulut ini memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu TNI dan Polri dan Kejaksaan karena telah membantu mensukseskan Pemilu 2019. Roring pun menyinggung soal keberhasila. Pemerintah Kabupaten Minahasa bisa meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, serta mengimbau kepada kepada seluruh SKPD dengan adanya predikat ini dapat memacu seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk lebih baik lagi dalam mengelola keuangan, bupati juga menginstruksikan setiap tiga bulan sekali di adakan rekonsiliasi oleh seluruh SKPD kepala sekolah, Kepala RSUD serta para pengelola keuangan dan pengelola kegiatan.

Bupati juga mengimbau untuk berbagai catatan dari BPK setelah libur harus menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Diingatkan juga kepada semua Kepala SKPD untuk merealisaikan pembayaran gaji Bulan Juni dan TTP bagi PNS dan Gaji THL Bulan Juni pada hari ini. Hadir dalam upacara tersebut Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, mewakili Dandim 1302, Kapten Maxen Mentang, mewakili Kejari Minahasa, Noprianto, SH, Sekda, Jeffry Korengkeng, SH, MSi, para asisten dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.(MinahasaCommandCentre)

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar