Jadi prioritas nasional Bupati : Lestarikan Danau Tondano untuk Anak Cucu

Jadi prioritas nasional Bupati : Lestarikan Danau Tondano untuk Anak Cucu

Jakarta, 25 Maret 2019. Bupati Minahasa, Ir Royke Octavian Roring, MSi menjadi pembicara dalam diskusi “Strategi Penyelamatan Danau Prioritas Nasional dan Revitalisasi Gerakan Penyelamatan Danau” yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta. Dalam diskusi yang diikuti 15 kepala daerah yang danau di wilayahnya menjadi prioritas nasional tersebut, bupati menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa untuk menyelamatkan dan melestarikan Danau Tondano.

“Tepat pada hari ini, tepat enam bulan saya dan Wakil Bupati, Robby Dondokambey, SSi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, kami menyatakan komitmen melestarikan Danau Tondano untuk anak cucu kita karena danau itu adalah titipan anak cucu untuk kemudian kita wariskan kepada mereka,” tegasnya. Dijelaskan bupati untuk Tahun Anggaran 2019 ini, sudah dianggarkan sekitar Rp. 2,7 miliar untuk konservasi Danau Tondano, dimana anggaran terbesar diposkan untuk pengangkatan eceng gondok secara mekanik.

Selain itu juga dilakukan upaya yang dilakukan Pemkab Minahasa adalah sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal konservasi Sumber Daya Alam juga menggelar seminar, diskusi dan kajian ilmiah untuk mengelola danau yang sangat strategis perannya terhadap kehidupan masyarakat Kabupaten Minahasa bahkan Sulawesi Utara. Hal ini pun sebelumnya sudah dilakukan bupati dalam Konferensi Danau Sedunia, Indonesia-Japan Workshop on Sustainable Lake Management in The 17th World Lake Conference (WLC17) di Ibaraki, Jepang pada bulan Oktober 2018 lalu.

Dallam kesempatan tersebut, bupati juga mengharapkan sinergitas antar kementerian yang terkait dalam penyelamatan danau juga sangat penting. "Kami daerah siap tapi dengan kemampuan penganggaran yang terbatas kami mengharap ada alokasi dana yang cukup dari Kementerian Keuangan untuk penyelamatan Danau Tondano," tandasnya.
Selain Bupati Roring, tampil sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Dirjen Bangda Kementerian Dakam Negeri, Iwan Kurniawan, mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan moderator Staf Ahli Menteri LHK, Dr. Ir Winarni Monoarfa. Dalam kesempatan tersebut bupati didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Alva Montong dan Kepala Bagian Hubmas, Drs. Moudy Pangerapan.

 

RRRD Command Center

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar