Logo
images

Kunjungi Pusdatin Kemensos, Bupati Minahasa Koordinasikan Penanganan Fakir Miskin dan Pembaharuan DTKS

Jakarta, 27 Agustus 2020.
Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si meneruskan agenda tugas di Jakarta setelah selesai mengikuti Rakor Efektivitas dan Pengendalian Covid-19 yang dipimpin Menko Polhukam dan Mendagri, beliau mengunjungi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial yang diterima langsung oleh Dr. Said Mirza Pahlevi, M.Eng selaku kepala. Dalam percakapan tersebut bupati mengkoordinasikan persoalan penanganan fakir miskin juga persoalan pembaharuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dijelaskan Bupati Royke Roring, dalam pengalaman saat penyaluran bantuan ada banyak keluhan mengenai warga yang kurang mampu tapi tidak tersentuh bantuan sosial. "Kami sudah mengusulkan tetapi updating datanya di kementerian dan itu yang saya koordinasikan langsung ke Kapusdatin Kemensos supaya keluhan warga soal tersebut bisa diminimalisir," jelas bupati lagi.

Lanjut Bupati ROR, saat ini input data pembaharuan bisa dilakukan pemerintah daerah dan langsung mengupdate lewat Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG). Di mana nantinya semua bentuk Bansos termasuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) Keluarga Indonesia Sejahtera (KIS) menggunakan data pada SIKS-NG tersebut.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Sosial, Drs. John Kapoh, M.Si menyatakan kesiapan mereka untuk menginput data pembaharuan berdasarkan usulan yang dikirim desa ke kecamatan dan ke kabupaten. "Paling lambat datanya harus dikirim ke aplikasi pada 31 Agustus ini," jelas Kapoh selaku otorisator peminta data.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar