Logo
images

Terkait Penyebaran Virus Corona, Bupati Minahasa Himbau 17 Hal

Tondano, 14 Maret 2020.
Terkait penyebaran COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona yang sudah sampai di Provinsi Sulawesi Utara, Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi mengeluarkan himbauan yang terdiri dari 17 poin kepada masyarakat Minahasa. Hal pertama yang dimintakan Bupati ROR adalah berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing agar Minahasa terhindar dari situasi penyebaran virus tersebut.

Selain itu diharapkan juga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan baik pribadi, tempat kerja dan tempat tinggal. Hal itu ditambah dengan harapan agar warga Minahasa mengkonsumsi gizi seimbang dan memperbanyak mengkonsunsi buah dan sayur serta rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. "Tanpa pengurangi rasa hormat, salam arau jabat tangan untuk saat ini sebaiknya hanya salam dengan menyatukan kedua telapak tangan ke depan," tambahnya.

Jika kemudian mengalami batu pilek dan sesak napas agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Namun demikian, bupati menyatakan agar warga Minahasa tidak perlu panik dan melakukan pembelian karena stok kebutuhan bahan pokok di Minahasa cukup serta tidak menimbun bahan-bahan strategis seperti masker.

Untuk kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak, sementara waktu ditunda sambil terus menjaga stabilitas keamanan di daerah tercinta. "Kami mohon tetap tenang, mengedepankan sikap saling bantu dan hindari saling menyalahkan dan tidak menyebarkan hoaks," tandas bupati yang siang tadi langsung mengumpulkan jajaran terkait untuk membahas langkah-langkah selanjutnya terkait penyebaran Virus Corona ini.

Sebelumnya Bupati Minahasa memimpin rapat koordinasi bersama SKPD terkait dalam rangka antisipasi penyebaran virus Corona, sesuai instruksi Bupati dalam rangka melaksanakan langkah-langkah antisipasi, Direktur RSUD, dr. Maryani Suronoto, Kadis Kesehatan, dr. Maya Rambitan, Kadis PU, Teddy Lumintang, ST, Kadis Perkim, Ir. Like Pangouw, usai rapat bersama langsung turun lokasi ke RSUD Dr. Sam Ratulangi meninjau lokasi ruang isolasi karena RSUD tersebut merupakan salah satu rumah sakit rujukan Virus Corona di Provinsi Sulut.

Dalam rapat juga dibahas rencana adanya pergeseran anggaran pada APBD Kabupaten Minahasa dalam rangka mendukung antisipasi/pencegahan penyebaran virus ini. "Sambil menunggu edaran dari Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri terkait pemanfaatan dana tanggap darurat untuk penanganan dan antisipasi virus corona," terang Kadis Kesehatan Minahasa.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar