Logo
images

Terus Perjuangkan Revitalisasi Danau Tondano, Bupati ROR Presentasi di Bappenas

Jakarta, 22 Oktober 2019.
Tekad Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati, Robby Dondokambey, SSi untuk menyelamatkan Danau Tondano terus-menerus diupayakan untuk mendapatkan dukungan semua pihak terkait. Kali ini, untuk maksud tersebut, Bupati Royke Roring memenuhi undangan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut bupati yang didampingi Asisten II Sekkab Minahasa, Drs. Donald Wagey dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, M. Silahudin, yang diterima memaparkan kondisi terkini Danau Tondano dan harapan untuk ke depan di hadapan para pejabat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, diantaranya Direktur Pengairan dan Irigasi, Abdul Malik Sadat Idris, ST, M.Eng.

Bupati menyampaikan strategisnya Danau Tondano bagi kehidupan masyarakat tidak hanya di Kabupaten Minahasa tapi juga Sulawesi Utara, sebagai sumber air dan pemutar turbin untuk PLTA, bisa menjadi objek wisata dan olahraga danau. Saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa, sedang melakukan pembersihan danau dan solusi untuk menghalang pendangkalan.

Ditambahkannya, diketahui, di Tahun 1939 kedalaman danau Tondano mencapai 43 meter, dan di tahun 2015 sudah menjadi kedalaman 14 meter, berarti terjadi pendangkalan sekitar 29 meter. Pihak Kemanterian PPN/Bappenas melalui Direktur Pengairan dan Irigasi menyatakan akan mendukung penuh upaya revitalisasi Danau Tondano tersebut.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar