Logo
images

Tinjau Pekerjaan Revitalisasi Danau Tondano, Bupati Minta Kumtua dan Camat tak Izinkan Reklamasi

Tondano, 19 Oktober 2019.
Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi meninjau pelaksanaan revitalisasi Danau Tondano yang saat ini sedang dalam tahap pelaksanaan di lokasi pinggiran danau. Di lokasi, Bupati Roring langsung bertemu dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, M Silahudin, PPK Danau, Situ Embung, Hendrik Wauran, Kasi Program dan Perencanaan Umum BWS Sulawesi 1, Reki Lontong untuk mengetahui sudah sejauh mana pengerjaan project Revitalisasi Danua Tondano.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Royke Roring yang juga mantan Kepala Dinas Praskim Sulut itu menyatakan saat ini semua pihak baik dari Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa bersama Balai Wilayah Sungai I terus berkoordinasi untuk penanganan Danau Tondano sebab ini penting sehingga kita menghargai keseriusan Balai Wilayah Sungai untuk hal ini. Diakui bupati, memang masih perlu ada dorongan semua pihak termasuk bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut agar ada perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PU untuk menganggarkan tambahan dana lagi bagi jalan lingkar danau.
Diketahui penanganan Danau Tondano ini sampai Tahun 2024 dan sekarang yang dianggarman masih sekitar 9 km untuk jalan keliling danau dari jumlah keseluruhan 48 km. "Kita berharap ada setengah dari keseluruhan jalan itu yang akan dianggarkan pemerintah pusat," tambahnya.
Bupati juga menerima keluhan sari BWSS I yakni ada oknum mengaku bahwa bantaran sungai milik pribadi mereka dan ini menjadi kendala dalam program revitalisasi tersebut. Padahal, menurut ketetuan bantaran sungai tidak bisa diakui oleh siapa pun sebagai milik pribadi tapi adalah milik negara.


Karenanya, saat ini agar penanganan akan lancar harus ada dukungan dari semua masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan pusat sehingga penanganana bisa paripurna harapan pelestarian danau tdo terealisasi. Bupati juga menginstruksikan camat dan Kumtua tidak mengizinkan reklamasi.(MinahasaCommandCenter)


TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar