Logo
images

TOMPASO

 

 

 

CAMAT : STENLY DAVID UMBOH, SSTP, MAP

NIP : 19870120 200602 1 002

 

GAMBARAN UMUM

Kecamatan Tompaso merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara yang dibentuk berdasarkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Minahasa Nomor PEM. 1/I/27/62 tanggal 15 Maret 1962.

Sampai dengan bulan Desember Tahun 2013, Wilayah Kecamatan Tompaso terdiri dari 10 (Sepuluh Desa), yaitu Desa Tember, Desa Kamanga, Desa Kamanga Dua, Desa Sendangan, Desa Talikuran, Desa Liba, Desa Tempok, Desa Tempok Selatan, Desa Tolok, dan Desa Tolok Satu.

Kedudukan ibukota Kecamatan Tompaso terletak di desa Liba. Kecamatan Tompaso memiliki luas wilayah   ±  3.020 Ha. Secara geografis Kecamatan Tompaso terletak antara :  12 ° sampai  15° lintang utara dan  46° sampai  124° bujur timur, dengan keadaan topografi datar. Berada pada ketinggian 425 meter di atas permukaan laut, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

                Utara         :      dengan Kecamatan Tompaso Barat

                Timur        :      dengan Kecamatan Langowan Timur

                                                  dan Kecamatan Langowan Barat, Kecamatan Kakas Barat.

                Selatan      :      dengan  kecamatan Langowan Utara

                Barat          :      dengan Kecamatan Tompaso Barat

                                          dan Kecamatan Kawangkoan      

Ketinggian Kecamatan Tompaso berada pada 700 meter diatas permukaan laut dengan curah hujan  ± 2500 mm/tahun, dengan kemiringan tanah rata-rata diatas 5-10o  yang mencakup 20 km dengan kemiringan rata-rata 10o.

 

 

Kecamatan Tompaso terdiri atas 10 desa, dengan kedudukan ibu kota di desa Liba.  - jumlah kepala keluarga 2013 KK  - jumlah penduduk 7286 jiwa. - luas wilayah 3.020 Ha(15,59 Km²). keadaan topografi datar. Berada pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut,  - batas-batas sebagai berikut: - Utara :Kec. Kawangkoan  - Selatan : Kec. Langowan Barat dan Tompaso Barat - Timur: Kec. Langowan Utara dan Kakas Barat - Barat: Kec. Tompaso Barat  

 

VISI DAN MISI 

VISI:

PROFESIONAL, ASPIRATIF DAN INOFATIF DALAM MEMBINA, MELAYANI DAN MEMFASILITASI MENUJU KECAMATAN TOMPASO SEJAHTERA YANG BERMARTABAT 

 

MISI :

1. Menyelenggarakan Pemerintahan yang baik, berkeadilan dan bersih dari KKN.

2. Mewujudkan pelayanan prima.

3. Menyelenggarakan Pembinaan dan Fasilitasi Pemerintah Desa.

4. Menyelenggarakan Pembinaan dan Fasilitasi Pembangunan kecamatan.

5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia berlandaskan Ketuhanan yang maha esa. 

 

 

POTENSI

Potensi  sumber daya alam Kecamatan Tompaso yaitu : Pertanian dan Peternakan Luas lahan pertanian 449,3 Ha dengan produk unggulan pertanian antara lain sayur-sayuran, padi, dan jagung. Dengan luas tersebut potensi unggulan lain yaitu peternakan antara lain sapi, kuda, dan babi Objek Pariwisata Objek pariwisata kecamatan Tompaso yaitu : - Waruga yang terletak di Desa Sendangan - Pancuan Kuda terletak di Desa Talikuran - Pemandian air panas terletak di Desa Kamanga - Watu Tumo Towa Desa Talikuran - Institut Seni Budaya terdapat Musik Kolintang terbesar dan tercatat di Guenees Book of Record terletak di Desa Talikuran. - Sumber Panas Bumi Kecamatan Tompaso salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa yang dilakukan exploitasi panas bumi yang diperuntukan untuk menjawab krisis energy listrk di Sulawesi Utara dengan daya 24 Megawath.  

 

 

 

 

ASN Kecamatan Tompaso berjumlah 16 orang terdiri atas 13 pria dan 3 wanita. Dilihat dari golongannya adalah sebagai berikut : 

 

Dilihat dari tingkat pendidikan, komposisi pegawai Kecamatan Tompaso  adalah sebagai berikut : 

 

Dilihat dari jabatan struktural,  komposisi pegawai Kecamatan Tompaso  adalah sebagai berikut :

 

POTENSI UMUM SDA PARIWISATA

  • Di sektor kepariwisataan Kecamatan Tompaso mempunyai potensi wisata dengan adanya waruga Sendangan, Pacuan Kuda, Batu Tumotowa, Permandian Air Panas, Institut Seni Budaya Sulawesi Utara.
  • Adanya sumber energi listrik panas bumi yang dikelola oleh Pertamina Geothermal Energi.

TAG

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar