Wabup : Minahasa Menanam Tunjang Peningkatan Potensi Pertanian

Wabup : Minahasa Menanam Tunjang Peningkatan Potensi Pertanian

Sonder, 8 Februari 2019. Wakil Bupati, Robby Dondokambey, SSi, menghadiri kegiatan Minahasa Menanam yang dilaksanakan di Desa Tincep Kecamatan Sonder, Jumat (08/02). Kegiatan Minahasa Menanam ini adalah kerjasama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Songkel Kecamatan Sonder, Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa dan BUMN Petrokimia Gresik.

Dalam sambutannya, Wabup Robby Dondokambey menyatakan kegiatan Minahasa Menanam ini dapat menunjang peningkatan potensi pertanian di Minahasa. Dimana diketahui, potensi sumber daya lahan pertanian di daerah ini mencapai 75 ribu Ha dengan luas sawah 5.500 Ha. "Khusus kecamatan Sonder luas lahan tanam sawah 84 Ha, ini potensi yang harus kita tingkatkan, salah satunya lewat kegiatan hasil kerjasama petani, pemerintah dan ditunjang oleh BUMN seperti ini, katanya.

Lanjut menurutnya, ke depan sangat diharapkan petani di seluruh Kecamatan Sonder bahkan di seluruh Kabupaten Minahasa yang memiliki persawahan dapat dibantu dibuatkan Demonstration Plot (Demplot). Dimana Demplot ini sendiri adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Disamping itu penggunaan teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi peningkatan produktivitas hasil pertanian. Wabup juga menginformasikan dalam APBD 2019 ini Pemkab Minahasa telah mengalokasikan dana untuk peningkatan potensi pertanian.

Khusus untuk Kecamatan Sonder dana tersebut dialokasikan untuk 26 kelompok tani dalam bentuk bibit padi sawah untuk 150 Ha lahan serta bantuan lain yang akan menunjang visi dan misi bupati dan wakil bupati khusus dalam bidang pertanian. Wabup juga menyampaikan terima kasih atas dukungan PT Petrokimia Gresik dan mengharapkan agar Dinas Pertanian dapat terus membimbing dan membina para petani.

Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Direksi PT. Petrokimia Gresik masing-masing, Trudo Nainggolan, Junianto Simaremare dan Asep Saeful Muslim, Kadis Pertanian Minahasa, Ir Subhan Torar, Kadis Kelautan dan Perikanan, Ir Jani Moniung, Kadis Pekerjaan Umum, Novry Lontaan, ST, Camat Sonder, Drs Rouldy Mewoh, Kapolsek Sonder, Iptu Stenly Korua, Danramil Sonder, Peltu Ronny Pasiowan, Hukum Tua Tincep, Rommy Dapu dan para anggota Gapoktan.

 

RRRD Media Center

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar