Bupati Minahasa Lantik Pejabatnya di Taman God Bless

Struktur organisasi Pemerintah Kabupaten Minahasa akhirnya terisi setelah para punggawanya dilantik oleh Bupati Minahasa, di Taman God Bless Minahasa, Tondano, Minahasa, Sulawsesi Utara, Selasa (3/1/2016) malam.

Udara dingin kota Tondano yang bertiup malam itu tak menyurutkan semangat para eselon II dan sebagian eselon III tersebut untuk mengikuti pelantikan, ini pertama kali dibuat pelantikan di ruang terbuka.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ivan Sarundajang Wakil Bupati Minahasa, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair, Kejari Minahasa Sarana Setyabudi, dan Ketua PM Tondano Julien Mamahit.

SK pertama dibacakan adalah nama-nama para camat, masing-masing setelah nama dipanggil berdiri dan memberi penghormatan kepada Bupati Minahasa dan menuju ke panggung pelantikan di depan tulisan God Bless Minahasa.

Ada yang berjalan ada juga yang setengah berlari.

Usai itu barulah dibacakan pejabat eselon III setingkat Kabid dan Kabag.

Kemudian dibacakan SK untuk pejabat eselon II mulai dari Sekda hingga para Kepala Dinas.

Ada yang tetap memegang jabatan lama, namun ada juga yang memegang jabatan baru di SKPD yang baru juga terbentuk karena perubahan organisasi pemerintahan daerah.

Beberapa posisi strategis masih kosong misalnya Kadis Pariwisata dan Kadis Pendidikan yang saat ini dipercayakan kepada masing-masing Sekretarisnya untuk memegang posisi pelaksana tugas.

"Beberapa posisi kepala dinas yang masih kosong dipegang oleh pelaksana tugas dan kita akan lakukan lelang jabatan untuk mengisi kekosongan tersebut nanti," ujar Bupati Minahasa Jantje Sajow.

Sebab menurutnya, posisi tersebut harus dipegang oleh orang yang menguasai bidangnya.

Prosesi pengambilan sumpah dan janji dilakukan, dilanjutkan penandatanganan SK, serta penyerahan surat keputusan dan penyematan lencana kepada para camat.

"Perubahan OPD dan perputaran jabatan seperti ini merupakan hal biasa yang dilakukan untuk mengisi sejumlah jabatan di kalangan Pemkab Minahasa, untuk itu laksanakan dan buktikan dengan kinerja yang baik pula," jelas dia.

Ia meminta kepada semua pejabat baru untuk segera melakukan koordinasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

"Segera pelajari tugas pokok dan fungsi, pelajari aturan dan undang-undang, serta tingkatkan kerja pemerintah," jelasnya.

Menurutnya struktur organisasi akan segera dilengkapkan dengan pelantikan sebagian eselon III dan eselon IV, paling lambat menurutnya tanggal 7 Januari sudah dilakukan pelantikan.

Sementara itu beberapa Pejabat yang dilantik malam itu mengaku senang dan berterimakasih lantaran masih diberi tanggungjawab.

"Saya sangat berterima kasih dan menerima tugas di mana saja pasti siap, tetap atau tugas baru," ujar Siby Sengke, Kadis Pemuda dan Olahraga Minahasa.

Ia menambahkan, kemungkinan dirinya dipilih menjadi Kadispora Minahasa lantaran beberapa event olahraga yang diketuainya berhasil.

"Karena baru sekarang juga ada dinas Pemuda dan Olahraga," ujarnya.

Sementara itu, Indra Purukan, Kabag Pembangunan bersyukur masih dipercayakan bekerja untuk Pemkab Minahasa meski posisinya masih sama.

"Kalau saya ditempatkan di mana saja siap, terpenting masih dipercayakan dan kami siap membantu pimpinan" ujar dia.