Bupati Sajow Lantik Kepsek dan Pengawas

Seluruh sekolah di Minahasa kini sudah memiliki kepala sekolah setelah Bupati Minahasa melantik sebanyak 505 pejabat termasuk kepsek di tingkat Dinas Pendidikan di BPU Tondano, Sabtu (14/1).
Jumlah itu terdiri Pengawas SD 30 orang, Pengawas SMP 17 orang, UPTD Pendidikan formal 24 orang, non formal 6 orang, pemimpin TK Negeri 2 orang, Kepala SMP 94 orang, kepala SD 370 orang. Mereka ada yang baru, namun ada juga yang lama.

Pelantikan disaksikan Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Nixon Purnama, serta beberapa kepala SKPD.

Banyaknya yang dilantik membuat ruangan menjadi sesak, pelantikan dilakukan oleh perwakilan termasuk saat menandatangani SK dan penyerahan SK.
Dalam sambutannya, Bupati Minahasa meminta agar kepala sekolah dan guru bisa menempatkan diri sebagai pendidik yang baik dan menjadi teladan untuk para siswanya.

"Bekerjalah dengan baik dimana anda ditempatkan, pimpin sekolah menjadi lebih baik dan berprestasi, agar nama sekolah bisa terangkat," kata dia.
Ia juga memperhatikan banyak sekolah yang jumlah pengajarnya sedikit khususnya yang berada di daerah pinggiran Minahasa, sehingga beberapa upaya akan dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut.
"Di Minahasa ada beberapa desa sekolah kecil guru sedikit, kita akan gabung belajar," kata dia.

Dimaksudkan untuk beberapa sekolah disatukan belajarnya, namun saat ujian nanti akan digelar di sekolah masing-masing seperti awalnya.
"Ini kita lakukan untuk mengatasi kekurangan guru, supaya tidak ada lagi yang mengeluh kekurangan guru," kata dia.