Karnaval Bendi Awali Pesona Minahasa

Satu iven akbar di setiap bulan direncakan untuk memeriahkan Pesona Minahasa tahun ini. Dimulai dengan karnaval bendi hias yang bakal dihelat akhir Januari. Iven ini akan dipusatkan di Benteng Moraya sebelum pawai mengitari Kota Tondano. “Menunjang Visit Minahasa 2017, berbagai kegiatan direncanakan (lihat grafis, red),” ungkap Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa Agustifo Tumundo, usai melakukan presentasi kalender iven Kabupaten Minahasa dalam Rapat Koordinasi Pariwisata tingkat Provinsi, Selasa (17/1) di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Dalam Rakor tersebut, Tumundo membeberkan sejumlah rencana kegiatan dalam rangka Pesona Minahasa 2017. “Pesona Minahasa 2017 ini merupakan salah satu agenda andalan Pemkab Minahasa dalam mendukung program Gubernur dan Wagub yang akan menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan,” kata Tumundo. “Pariwisata juga sebagai motor dalam upaya pengentasan kemiskinan serta dalam penciptaan lapangan kerja,” sambungnya.

Sementara untuk kegiatan, lanjut mantan Kabag Humas Pemkab Minahasa ini, akan dimulai dengan karnaval bendi hias. “Dimulai dengan karnaval bendi hias yang akan dihelat akhir Januari nanti,” katanya. “Karnaval bendi hias ini akan dipusatkan di Benteng Moraya sebelum melakukan pawai keliling Tondano dan finish di Lapangan God Bless Minahasa,” sebutnya. “Setiap SKPD wajib ikut dengan membawa bendi hias. Kusirnya yaitu kepala SKPD didampingi pasangan masing-masing,” jelas Tumundo.

Ia menambahkan,kegiatan ini selain sebagai program penunjang visit Minahasa juga menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. “Kegiatan ini akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Minahasa,” pungkas Tumundo sembari berharap dukungan dari seluruh warga Minahasa.