Pertanyaan oleh Pricilia - junisaaleng@gmail.com
Mo tanya kita urus KIA dri Oktober trus petugas bilang 1bln,kong sampe ini hari blum jadi² .sedangkan yg baru bawa so langsung jadi. Makase sebelumnya????
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh KIVLI ELON REYNALD REGAR - reynaldelon05@gmail.com
Saya mau tanyakan mengenai E-KTP tertanggal 08/01/2020 di keluarkan su-ketnya.... Apakah nama saya sudah di update ke pusat ?soalnya pada saat saya melakukan perubahan data nama di kantor BPJSTK belum bisa di proses karna nama saya belum terupdate sesuai su-ket ( nama belum berubah)......
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh gusti annisa laksmi - gustiannisalaksmi@gmail.com
Saya ingin menanyakan kelanjutan berkas saya yg dikirim dari kota Malang, Jawa Timur.. Berkas yg berisi permintaan konfirmasi keabsahan kutipan akte kelahiran an. GUSTI ANNISA LAKSMI, dgn No Surat : 474.1/3856/35.73.308/2019, tanggal surat : 11 Nov 2019.. krn sdh lebih dari 3 bulan belum ada jawaban sampai dgn saat ini, Saya sangat membutuhan JAWABAN karena untuk pengurusan Akte Lahir anak saya, yg sdh tertunda berbulan-bulan lamanya. Mohon jawabannya, terima kasih
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Sonya laluan - sonyalaluyan@yahoo.co.id
Yang terhormat pemerintah kabupaten minahasa...disini saya cuman mau bertanya mengapa kami sebagai pemegang KIS (BPJS KESEHATAN)KETIKA ke Rumah sakit kartu kis yang kami gunakan (DALAM HAL INI AYAH SAYA..LEXI LALUAN menurut info dari RS/BPJS SETEMPAT kartu kis kami di nonaktifkan..sedangkan tidak ada pemberitahuan terlebih dulu secara pribadi..sehingga ketika ayah saya harus di rawat nginap setahu kami gratis..tapi ternyata harus di bayar.. Mohon di perhatikan kalau boleh bpjs (kis AYAH/IBU SAYA DI AKTIFKAN KEMBALI MENGINGAT AYAH SAYA HANYA SEORANG KURIR BENDI DAN IBU SAYA IRT....KALAUPUN MEMANG KIS KEDUA ORANG TUA KAMI SUDAH DI NON AKTIFKAN KENAPA TIDAK DI BERITAHUKAN SEJAK DI NONAKTIFKAN BIAR KITA LANGSUNG KEMBALI KE BPJS MANDIRI...DEMIKIANLAH PENGELUHAN INII SAYA BUAT..ATAS PERHATIAN DAN BANTUANNYA DI UCAPKAN TERIMA KASIH TUHAN YESUS MEMBERKATY...
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Nasywa Daffa Balapradhana - ndaffab@gmail.com
yang terhormat Pemerintah Kabupaten Minahasa , saya Daffa dari perwakilan mahasiswa SV IPB ingin bertanya mengenai pakaian adat Minahasa. Untuk pakaian adat minahasa ada 2 jenis, yaitu yang pertama dimana pakaian tersebut bercorak hitam dan putih, dan yang satu lagi bercorak merah yang saya ketahui merupakan baju asli suku Minahasa, saya Daffa izin bertanya mengenai perbedaan di antara kedua baju adat tersebut. Jika saya melakukan sebuah pertunjukan yang menunjukan budaya minahasa, baju adat manakah yang harus saya pilih. Terima kasih.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh George Watulangkow - watulangkow.george07@gmail.com
Hampir semua berita yang ada rata - rata adalah kegiatan Bupati dan Wakil Bupati. Sangat kurang berita dari instasi, kecamatan, dan kelurahan. Mudah-mudahan selanjutnya akan lebih banyak informasi yang bisa masyarakat dapatkan dari website ini.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh David Bella - vernando.bella@gmail.com
Proses pembuatan KTP-el sangat lama. Proses memakan waktu 3 Bulan, dengan nomor sk 7102132005/SURKET/01/041119/0001. Akibat dari ini, saya tidak bisa proses paspor dan melamar pekerjaan.

Dijawab oleh Dukcapil Minahasa

Untuk pengurusan paspor di imigrasi tetap bisa menggunakan Surat Keterangan. Karena di Suket tersbut dicantumkan bisa digunakan salah satunya untuk keperluan Imigrasi.

Dan untuk pengurusan kembali KTP-el, harus diketahui alasan pengurusan kembali KTP-el, apakah karena perubahan elemen data, pindahan, rusak atau karena hilang.

Karena untuk saat ini, sesuai petunjuk dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, bahwa Penggunaan Blanko di prioritaskan untuk :
1. Mencetak PRR (yang baru merekam)
2. Mencetak akibat perubahan elemen data
3. Mengganti yang hilang rusak akibat bencana.

Terima Kasih


Pertanyaan oleh anton pakasi - antonpakasi@gmail.com
Selamat pagi .Ingin bertanya apa kalau media yang belum TERVERIFIKASI DEWAN PERS bisa memasukan berkas ke pemkab minahasa..Mohon penjelasan .terima kasih

Dijawab oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Untuk pemasukan berkas media sesuai dengan syarat media 2020 sebaiknya terverifikasi di dewan pers ...tuk lebih jelasnya / teknisnya agar hub bagian kami kaitan persyaratan semuanya ada ..dan sudah disebarkan ke media yang ada dikab Minahasa...saat ini media sementara melengkapi dokumen2 nya.

Terima kasih.


Pertanyaan oleh ryan - tkdmnhs@yahoo.co.id
Selamat malam. Ijin untuk bertanya. Apakah di akhir tahun 2019 yang lalu ada Dana Hibah yang diberikan kepada ORMAS ORMAS yang ada di Kabupaten Minahasa? Kalau ada apakah bisa di jabarkan ORMAS mana saja yang menerima beserta nominalnya. Trimakasih
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Stenly Mandagi - stenlymandagi@gmail.com
Selamat pagi. Mohon untuk diperhatikan jalur jalan Sea-Kalasey di dekat Mako Brimob, sudah menjadi tempat sampah. Juga, di galian batu Desa Warembungan, sudah menjadi “TPA”. Terima kasih

Dijawab oleh Dinas Lingkungan Hidup Minahasa

Masalah ini akan di tindak lanjuti .Terima kasih 


Pertanyaan oleh Richi.Y.Kaunang - kikiyohaneskaunang@gmail.com
Selamat pagi pak. Jujur saya kecewa pak dgn lambatnya proses pendataan disdukcapil karena belum terdatanya anak sya bru lahir dicek di BPJS untuk registrasi. Ahirnya satu bulan lebih sya tidak bisa registrasi anak di BPJS. Padahal Pemerintah Pusat mendesak supaya anak lahir segera diregistrasi di BPJS , Padahal 2 bulan lalu akta lahir anak saya dan KK terbaru sudah tercetak. Apa tindak Lanjut Disdukcapil minahasa?

Dijawab oleh Disdukcapil Minahasa

Jika ada perubahan, otomatis data di pusat sudah berubah sesuai dengan perubahan terakhir. Apabila belum aktif, bisa dilaporkan ke Disdukcapil dan akan dilakukan konsolidasi manual dan memastikan data di konsolidasi sudah sesuai dokumen kependudukan yg diterbitkan. Kalau data di konsolidasi sudah sama berarti data di database pusat juga sudah sama.

Apabila masih ada masalah, bisa datang ke Disdukcapil dengan membawa copy KK dan menyampaikan nama2 yang akan dikonsolidasikan.
Terima kasih

Jika ada perubahan, otomatis data di pusat sudah berubah sesuai dengan perubahan terakhir. Apabila belum aktif, bisa dilaporkan ke Disdukcapil dan akan dilakukan konsolidasi manual dan memastikan data di konsolidasi sudah sesuai dokumen kependudukan yg diterbitkan. Kalau data di konsolidasi sudah sama berarti data di database pusat juga sudah sama.

Apabila masih ada masalah, bisa datang ke Disdukcapil dengan membawa copy KK dan menyampaikan nama2 yang akan dikonsolidasikan.
Terima kasih 


Pertanyaan oleh Ryan rendly - brenkryan41@gmail.com
Selamat pagi,mau tanya soal pembuatan ktp,apa dlm kurun waktu 2 minggu ini bisa membuat ktp?

Dijawab oleh DisDukCapil

Jangka waktu penerbitan dokumen kependudukan, termasuk KTP-el adalah paling lama 24 jam setelah dinyatakan lengkap oleh petugas pelayanan pada Disdukcapil.
Dikecualikan : terjadi gangguan jaringan komunikasi data, dan/atau sarana dan prasarana yang berhubungan dengan penyelesaian dokumen kependudukan.
(Sesuai dengan Permendagri RI no. 19 tahun 2018)

Dan tuk mekanismenya, Sesuai Perpres no 96 tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, persyaratan untuk pembuatan KTP-el yaitu :
- Telah berusia 17 tahun, sudah kawin atau sudah pernah kawin
- Kartu Keluarga
Apabila ada perbedaan data atau perubahna data di KK maka harus melalukan perubahan KK terlebih dahulu sesuai dengan persyaratan pembuatan KK.